manfaat asi

Pada hari pertama setelah melahirkan bayi, ASI mengandung kolostrum yang memiliki kadar protein lebih tinggi dengan kadar lemak dan laktosa lebih rendah dibandingkan ASI mature yang keluar pada hari ke-10 setelah melahirkan. Kolostrum adalah cairan bening berwarna kekuningan dan laktosa adalah gula susu. Komposisi ASI akan mengalami perubahan dari hari ke hari.

WHO menyarankan pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama. Mengapa? Karena bayi dan mendapat ASI terbukti tidak rentan terhadap infeksi dan memiliki jantung yang lebih sehat dengan perkembangan otak yang lebih baik. Bayi yang diberi ASI juga berisiko lebih kecil terkena alergi.

Komposisi ASI pada saat mulai menyusui berbeda dengan komposisi pada akhir menyusui. Oleh karena itu disarankan bagi para ibu dan mama untuk tidak terlalu cepat memindahkan posisi bayi yang sedang menyusui, bila ASI pada payudara yang sedang diisapnya belum habis. Bayi yang diberi ASI biasanya memiliki tingkat inteligensia yang lebih tinggi, lebih lincah, dan mudah bersosialisasi saat dewasa. Bayi yang mendapat ASI maka daya tahan tubuhnya akan lebih kuat dan jarang menimbulkan efek alergi pada tubuh, sehingga bayi tidak mudah sakit dan mengurangi pengeluaran biaya pengobatan.