Makanan yang mengandung asam folat

Folat terutama terdapat dalam sayuran yang berwarna hijau. Kata folat berasal dari kata latin folium yang berarti daun hijau, hati, daging tanpa lemak, serealia utuh, biji-bijian, kacang-kacangan, dan jeruk. Oleh sebab itu digantikan oleh susu, karena susu dan tepung terigu telah difortifikasi mengandung asam folat tinggi.

Pada ibu hamil, kekurangan asam folat menyebabkan meningkatnya resiko anemia, sehingga ibu mudah lelah, letih, lesu dan pucat serta bisa menyebabkan keguguran. Bagi janin, kekurangan asam folat pada ibu hamil, bisa menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkan. 

Bahan yang tidak banyak mengandung folat adalah susu, umbi-umbian, dan buah kecuali jeruk. Hanya saja, hati sapi mengandung vitamin A cukup tinggi yang tidak dianjurkan diberikan kepada ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan kahamilan. 

Kacang-kacangan, brokoli, bayam, alpukat, jeruk, strawberi, pisang, gandum, susu, telur. Dua ikat bayam terdapat asam folat kurang dari 200 mikrogram. Mengkonsumsi 1,5-2 pisang setiap hari, dapat memenuhi kebutuhan asam folat harian ibu hamil. Karena, dalam dua buah pisang terkandung 58 mikrogram asam folat yang berarti telah memenuhi sepertiga kebutuhan folat tubuh.