makanan yang baik untuk ibu hamil

Meskipun ibu hamil pantang untuk mengkonsumsi beberapa makanan seperti durian, tetapi masih banyak jenis makanan lain yang enak dan sehat bagi ibu hamil. Beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil diantaranya adalah :

1. Telur

Sungguh mengagumkan kandungan gizi yang ada pada telur. Meskipun bentuknya hanya oval sederhana tetapi menurut pakar gizi elizabeth Ward, satu butir telur memiki 90 kalori. Selain mineral dan vitamin, telur juga mengandung protein yang dapat membantu perkembangan sel-sel otak bayi dalam kandungan. Telur juga mengandung zat besi penambah darah yang dapat memperkuat kesehatan Ibu hamil. 

2. Kacang-kacangan

makanan jenis kacang-kacangan seperti kacang panjang, kacang merah, buncis mengandung banyak serat yang membantu mencegah sembelit. Dengan kondisi ibu hamil dengan perut membesar maka sedikit menyulitkan ketika buang air besar. Tetapi dengan rajin mengkonsumsi kacang-kacangan yang tinggi serat maka mempermudah buang air besar sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama saat duduk di kloset.

3. Buah-buahan dan Sayuran Berwarna

Buah-buahan memiliki banyak serat dan kandungan air yang membuat ibu hamil tetap dalam kondisi segar dna kuat selama masa kehamilan. Buah-buahan yang berwarna merah cerah mengandung likopen yaitu zat yang berfungsi mencegah kanker. Beberapa jenis buah berwarna cerah seperti jambu air, tomat, strawberry, semangka, apel, cherry, bit, anggur merah, paprika merah. Sedangkan wortel, labu, aprikot, pepaya, mangga, ubi jalar adalah buah berwarna orange yang menandakan tingginya kandungan betakaroten yang efektif melawan kanker. Warna hijau pada sayuran menandakan hubungan kandungan sulforaphane, isothiocyanate, dan indoles. Menurut Heber, mereka dapat merangsang level pembuat komponen yang dapat memecah unsur kimiawi penyebab kanker. Semakin gelap warna hijau pada sayuran, makin banyak klorofil yang dikandungnya dan semakin besar pula kebutuhan untuk perlindungan antioksidan. Contoh sayuran hijau di antaranya adalah brokoli, selada, bayam, bok choi.

4. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung omega 3 yang sangat baik bagi pertumbuhan sel-sel otak bayi dan ibu. Ikan salmon memiliki kandungan lemak tak jenuh. Ikan yang memiliki daging berwarna merah menyerap sedikit merkuri dibanding ikan laut lainnya yang berdaging putih.