manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Tubuh ibu hamil yang membengkak menyebabkan rasa malas untuk bergerak dan seringnya rasa mual sehingga menyebabkan kurang minum. Agar ibu hamil tidak mengalami dehidrasi, maka ibu hamil membutuhkan banyak air. Air kelapa muda adalah minuman yang cocok untuk ini, karena kaya akan kandungan elektrolit, seperti klorida, magnesium, natrium, dan riboflavin. Selain itu, kalium berperan penting dalam menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Air kelapa muda juga mengandung protein, serat, mangan, dan vitamin C, yang semua itu sangat berperan untuk meningkatkan metabolisme Ibu selama hamil.

Air kelapa muda bermanfaat untuk menjaga kesehatan Ibu dan bayi dari bahaya virus, bakteri dan jamur karena air kelapa muda memiliki kandungan asam lauric yaitu asam yang membantu melawan penyakit. Kandungan asam lauric yang ada pada air kelapa sama dengan yang terdapat pada air susu Ibu. 

Sebagian bedsar ibu hamil mengalami gejala kram pada kaki karena beban tubuh yang bertambah berat. Air kelapa bisa menjadi solusi untuk mengatasi gejala kram pada kaki karena air kelapa mengandung pasokan kalium dimana selama kehamilan ibu dianjurkan untuk mengonsumsi sekira 4.700 mg kalium. Sedangkan dalam segelas besar (330 ml) air kelapa, terkandung 670 mg.

Meskipun belum ada penelitian ilmiah tentang khasiat air kepala terhadap ibu hamil dan masa kehamilan tetapi air kelapa muda mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi Ibu hamil.